Selasa, 24 Agustus 2010

Data yang ter-overwrite sulit untuk dikembalikan ( RECOVER )

  1. Jangan Menghapus file system hanya karena kedeteksi Virus.Sudah menjadi kebiasaan kita sebagai pengguna komputer , menganggap virus adalah file yang berbahaya . Sehingga bila ada file yang terdeteksi sebagai virus , langsung kita hapus. Terutama file system yang memang berfungsi sebagai file operating system yang komputer tidak akan menyala tanpa file tersebut. Bagaimana cara mengatasinya ?. Untuk mengatasi ( menyelesaikan ) file system yang terkena virus , kita harus menggantikannya dengan file baru yang sama , dari komputer yang tidak terkena virus sebelum kita restart. Karena bila sudah kita restart komputer tersebut tidak akan booting sebelum kita menggantikan file system yang terhapus  dengan cara menggunakan Booting dari Operating system yang lain.
  2. Mengambil data sebelum diinstall Ulang. Kesalahan yang kedua adalah menginstall ulang sebelum data di ambil ( backup ). Ada sebagian teknisi yang merasa yakin bisa mengembalikan data menggunakan software seperti get data back , Recuva dll. Mereka tidak memahami bahwa data yang bisa dikembalikan sempurna hanyalah data yang tidak ter-OverWrite yaitu tidak tertindas data baru dialamat yang sama. Bila ada data baru yang menempati alamat data  yang lama , sulit dipastikan data lama bisa dikembalikan utuh.
  3. Gunakan utilities ( OS ) lain untuk mengembalikan file system yang terhapus ataupun mengambil data yang diperlukan.Misalnya kita bisa gunakan linux , mini windows Xp yang ada di cd hiren mulai versi 9.7 , atau kita lepas Harddisknya dan kita fungsikan sebagai slave dan kita pasang di komputer yang windowsnya Normal.
  4. Back up Driver , Sebelum install ulang bila kita masih bisa masuk windows yang akan diinstall ulang , saya sarankan untuk mem-backup driver system tersebut dengan software backup driver , misalnya double driver atau Driver genius dsb… karena untuk menjaga agar tidak sampai terjadi device yang tidak ada drivernya…
Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua…betapa berharganya sebuah data

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

 
script feeds berjalan Anda